siakuh

siakuh
@dayangsumbi

Sabtu, 31 Desember 2011

Jayuss...

Menjelang maghrib Pak Duleh hanya mendapat beberapa penumpang saja. Sudah bertahun-tahun Pak Duleh berprofesi jadi tukang ojeg karena dia hanya lulusan SD. Motor butut yang menemaninya selama bertahun-tahun itu didapatkannya dari cicilan selama 5 tahun.

“Ojeg Pak!” seorang ibu memanggil Pak Duleh.

“Alhamdulillah, sebelum pulang, lumayan tambah penumpang…” Pak Duleh girang.

Saking semangatnya Pak Duleh langsung menghampiri ibu tadi dan langsung menancapkan gas. Perjalanan tersebut melewati sebuah kuburan. Tepat di sebuah kuburan tersebut, Pak Duleh baru bertanya kepada ibu penumpang, “Bu, mau ke mana?”.

Hening. Tidak ada jawaban.

Seketika bulu kuduk Pak Duleh merinding membayangkan cerita-cerita yang ada di TV. “Apa mungkin ibu-ibu ini berubah jadi gadis yang berambut panjang, terus bayarnya pake daun?” Lirih Pak Duleh dalam hati. Dihentikannya motor kemudian menengok ke belakang. “Bu?” tanya lagi Pak Duleh.

Kaget, takut disertai bulu kuduk berdiri, Pak Duleh langsung berbalik arah, ternyata tidak ada orang yang naik di ojegnya. Pak Duleh langsung kembali menuju pangkalan ojeg.

“Mau untung malah buntung, yang naik malah kuntilanak…” ujar Pak Duleh.

Di tengah jalan menuju pangkalan ojeg, Pak Duleh semakin kaget karena ibu-ibu yang jadi penumpangnya tadi dibawa oleh tukang ojeg yang lain. Saat berpapasan dengan ojeg yang membawa ibu tadi, Pak Duleh bertanya, “Bu kok bisa di ojeg itu?”.

“Bapak ini gimana, tadi saya belum naik ojeg bapak, kok motornya sudah berangkat? Saya panggil-panggil, Bapak malah makin kenceng bawa motornya.” Jawab ibu bernada kesal.

“Oh…. Maaf Bu, saya tadi kayaknya terlalu bersemangat. Kirain ibu udah naik” Jawab Pak Duleh malu.

“Pantesan tadi ringan banget, belum naek toh ibunya… Alhamdulillah kalo gitu, ternyata ibu tadi bukan kuntilanak.” Pak Duleh lega.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar